SEKILAS BERITA
.:Selamat Datang di Website Dinas Perhubungan Kota Depok:.

Pembinaan Pengemudi Angkutan Umum Tahun 2015

 

Rabu (27/5/2015) Dinas Perhubungan Kota Depok menggelar Pembinaan Pengemudi Angkutan Umum yang diikuti 75 peserta di Gedung Sasono Mulyo, Jatimulya Depok

Acara yang dibuka oleh Nazrun, ZA, M.Si (Sekdishub) Kota Depok ini bertujuan untuk mewujudkan pelayanan jasa angkutan umum yang baik dan mempersiapkan pengemudi Kendaraan umum yang bermutu, disiplin dan bertanggungjawab dan mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalulintas terurama yang disebabkan oleh pengemudi angkutan umum

Wildan Jusal, Kasi Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban (Bimkestib), Dishub Depok mengatakan selain itu agar para pengemudi angkutan umum ini tertib dan disiplin berlalulintas demi keselamatan bagi penumpang

Wildan juga menambahkan bahwa dari 75 peserta akan dipilih 2 pengemudi terbaik yang akan di kirim ke Jawa Barat untuk pemilihan AKUT (Awak Kendaraan Umum Teladan) pada bulan Juni di Bandung

Kami juga selalu mendengungkan dan mengingatkan para pengemudi angkutan umum untuk selalu memakai seragam

Narasumber pada kegiatan ini adalah Polres Depok, IMI, Ka UPT PKB , PPNS Dishub Depok dan Jasa Raharja Bogor.

Penertiban Pengemudi Angkot yang tidak memakai seragam

 

Selasa 05/05/2015 Dinas Perhubungan Kota Depok berserta jajaran menggelar operasi penertiban, dalam penertiban kali ini dihimbau kepada Pengemudi Angkutan Umum di Kota Depok Wajib menggunakan Seragam, dalam giat ini akan digelar secara rutin yang bertujuan untuk ketertiban dan kenyamanan bagi penumpang,dalam giat ini melibatkan Pihak Kepolisian dan Garnisun. Operasi penertiban ini dilakukan sidang ditempat, dan diharapkan pengemudi wajib menggunakan seragam disaat mengemudi angkot.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Angkutan Umum, Dishub Gelar Pembinaan Operator

 

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok menggelar Pembinaan Operator Angkutan Umum yang bertempat di Graha Insan Cita, Cimanggis Depok, Selasa (26/05/15).

Ketua DPC Organda Kota Depok, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta 80 peserta operator dalam kota dan lintas batas turut mengahadiri kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (25-26 Mei) ini.

Dalam sambutannya, Kepala Dishub Gandara Budiana mengatakan, pembinaan operator ini menjadi agenda penting Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam rangka meningkatkan kembali kualitas pelayanan angkutan penumpang umum yang oleh sebagian masyarakat dinilai semakin menurun.

“Melalui pembinaan operator kali ini diharapkan akan terjadi sinergitas dan tukar informasi antara pemerintah sebagai regulator, serta operator sebagai pelaksana,” ujar Gandara.

Beberapa hal yang disampaikan dalam sosialisasi ini, bahwa sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 serta Perwal Nomor 08 tahun 2015 tentang persyaratan dan prosedur pemberian izin penyelenggaraan angkutan orang, dengan kendaraan bermotor umum di Kota Depok.

Ke depan akan diatur beberapa hal mendasar terkait dengan penyelenggaraan angkutan penumpang umum, khususnya di Kota Depok. Aturan tersebut meliputi pola kepemilikan, sistem lelang dalam pengisian armada, persyaratan minimal pelayanan angkutan umum (pengemudi dan kendaraan), sampai dengan batasan umur kendaraan yang boleh beroperasi di Kota Depok sebagai angkutan penumpang umum.

Peraturan tersebut telah jelas ditulis dalam Undang-Undang dan Perwal. Jika dikemudian hari terdapat peraturan yang dilanggar, maka Dishub tidak segan-segan memberikan sanksi.

“Jika melanggar akan dikenakan sanksi administrasi seperti peringatan tertulis, pembekuan izin sampai pencabutan izin,” tambahnya.

Ia juga berharap, semoga apa yang diperoleh melalui acara hari ini dapat menjadi tambahan informasi dan pengetahuan mengenai penyelenggaraan angkutan penumpang umum yang lebih baik di Kota Depok.

Copyright © Dinas Perhubungan 2015

& .