Kegiatan Pembinaan Operator Angkutan Umum Kota Depok

 

27/03/2018 Bidang Angkutan (Dishub) Kota Depok, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok dalam kegiatan ini sekaligus membuka acara ini menyampaikan; dalam Pembinaan operator menjadi agenda penting Pemerintah Kota Depok dalam rangka meningkatkan kembali kualitas pelayanan angkutan penumpang umum yang oleh sebagian masyarakat dinilai semakin menurun.

Melalui Pembinaan operator kali ini diharapkan akan terjadi sinergitas dan tukar informasi antara pemerintah sebagai regulator serta operator sebagai pelaksana dan juga seluruh stakeholder yang bergerak mendukung jasa angkutan penumpang umum di Kota Depok yang kita cintai ini. Selain itu beberapa materi yang akan diberikan diharapkan akan menjadi motivasi kebangkitan angkutan penumpang umum khususnya di Kota Depok.

Dalam kesempatan ini untuk menjadi perhatian, bahwa dinamika keinginan mastyarakat dalam melakukan perjalanan khususnya pengguna angkutan umum saat ini semakin beragam. Selain itu harapan masyarakat terhadap layanan angkutan umum yang handal dari sisi waktu, kepastian waktu tunggu dan tarif yang terjangkau menjadi suatu kebutuhan. tutur Kadishub (Drs. Dadang Wihana)

Tingginya harapan masyarakat terhadap pelayanan angkutan umum yang handal, aman dan nyaman tentunya harus disikapi oleh seluruh stake holder di bidang angkutan untuk dapat menciptakan layanan yang semakin baik.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas, maka berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 08 tahun 2015 tentang Persyaratan dan Prosedur Pemberian Izin Penyelenggaraan Angkutan Orang Dalam Trayek, telah diatur berbagai hal diantaranya :

  • Ketentuan mengenai batas umur kendaraan;
  • Standar Pelayanan Mininal , meliputi :

Persyaratan Minimal Pemilik :

  1. mematuhi ketentuan standar pelayanan minimal, yang salah satu parameternya adalah kenyamanan yaitu untuk menjamin dimana pengguna jasa angkutan umum merasakan kondisi yang nyaman dan bersih,;
  2. mengoperasikan kendaraan yang memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan;
  3. mengoperasikan kendaraan dilengkapi dokumen perjalanan yang sah;
  4. mengoperasikan kendaraan sesuai izin penyelenggaraan angkutan dalam trayek yang dimiliki;
  5. mencantumkan nama perusahaan, jurusan trayek, jenis pelayanan, standar pelayanan, informasi pengaduan masyarakat, jati diri pengemudi, dan daftar tarif pada setiap kendaraan yang dioperasikan.

Persyaratan Minimal Pengemudi :

  1. Mematuhi ketentuan dibidang pelayanan dan keselamatan angkutan;
  2. Memakai Pakaian Seragam, yang harus dipakai pada waktu bertugas;
  3. Memakai Kartu Pengenal Pengemudi;
  4. Bertingkah-laku sopan dan ramah;
  5. Tidak mengkonsumsi berbagai zat yang mengandung alkohol, obat bius, narkotika maupun obat lain.

Disamping beberapa hal tersebut diatas, sebagaimana sering kita dengar maka seiring dengan maraknya kejadian kriminalitas yang melibatkan angkutan penumpang umum, maka dalam rangka meminimalkan terjadinya tindak kriminal yang terjadi di angkutan penumpang umum, maka diminta kepada pengurus badan hukum angkutan (Koperasi/PT) serta pemilik kendaraan atau pemegang izin untuk senantiasa melakukan pembinaan kepada pengemudinya, ataupun melakukan tindakan-tindakan preventif lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*